Anda mungkin pernah mengalami hal seperti ini.

Ketika ingin membuat presentation untuk dua kelompok audiens yang berbeza dengan topik yang sama, ada beberapa slide yang perlu dilewati kerana informasi tersebut hanya akan disajikan untuk kelompok yang satunya lagi, begitu juga sebaliknya.

Cara berpindah slide yang biasanya digunakan untuk kes di atas adalah dengan menggunakan Enter atau Go to Slide. Tetapi cara ini boleh membingungkan dan mengganggu konsentrasi audiens.

Penyelesaiannya adalah dengan menggunakan custom show yang ada di PowerPoint. Custom show akan membuat navigasi slide lebih terkawal dan tidak membingungkan.

Seperti contoh gambar berikut ini. Selain informasi pada slide utama, audiens A akan diberikan informasi khusus yang tidak perlu ditunjukkan kepada audiens B, begitu juga sebaliknya. Untuk itu, pada slide utama dibuat menu hyperlink pada custom show masing-masing.

Contoh Custom Show

Cara Membuat Custom Show Dengan Menu Hyperlink

Langkah 1: Buat terlebih dahulu slide untuk presentation

Langkah 2: Pengaturan custom show

  1. Pada Slide Show tab, Start Slide Show group, klik tanda panah pada Custom Slide Show, dan kemudian klik Custom Shows.

  2. Pada kotak dialog Custom Show, klik New.
    Define Custom Show Dialog Box

  3. Di bahagian Slides in presentation, klik slide yang akan dimasukkan dalam custom show, dan kemudian klik Add.
    Tip: untuk memilih beberapa slide secara berurutan, klik pada slide pertama dan tekan SHIFT sambil mengklik slide terakhir. Untuk memilih beberapa slide yang tidak berurutan, tekan CTRL sambil mengklik slide yang diinginkan.

  4. Untuk mengubah urutan slide, pada Slides in custom show, klik sebuah slide dan kemudian klik tanda panah untuk memindahkan posisi slide tersebut.

  5. Letakkan nama untuk custom show pada kotak Slide show name dan kemudian klik OK.

  6. Untuk membuat custom show yang lain, ulangi langkah-langkah di atas.
    Custom Shows Dialog Box

  7. Untuk mengubah custom show, klik Edit pada kotak dialog Custom Shows.

  8. Untuk melihat hasil custom show yang dibuat, klik nama show pada kotak dialog Custom Shows dan klik Show. Atau pada Slide Show tab, Start Slide Show group, klik tanda panah pada Custom Slide Show dan pilih nama custom show yang ingin dilihat.

Langkah 3: Membuat menu hyperlink custom show di slide utama

  1. Di slide utama, pilih teks atau objek (gambar, shape, dan sebagainya) untuk diberi hyperlink.

  2. Pada Insert tab, Links group, klik Hyperlink.

  3. Di bahagian Link to, klik Place in This Document.

  4. Pilih custom show yang diinginkan pada bahagian Select a place in this document dan check kotak Show and return, agar setelah custom show selesai anda akan kembali ke slide yang berisi menu hyperlink.

  5. Tekan F5 untuk menjalankan slide show.

  6. Untuk menjadikan custom show hanya muncul pada ketika hyperlink diklik, maka slide tersebut harus disembunyikan. Caranya: Klik kanan pada slide dan pilih Hide Slide. Lakukan untuk semua slide custom show.

Cara Menjalankan Custom Show Tanpa Menu Hyperlink

Gunakan cara berikut bila ingin menjalankan sebuah custom show tanpa melalui hyperlink di slide utama.

  1. Pada Slide Show tab, Set Up group, klik Set Up Slide Show.

  2. Pada kotak dialog Set Up Show, di bagian Show slides, klik Custom show, dan kemudian pilih custom show yang diinginkan.

  3. Klik OK.

  4. Tekan F5 untuk menjalankan slide show.

0 comments